Berdakwah Dengan Hati

Saturday, October 15, 2016

Luarrr Biasa!!! inilah Manfaat Hijab Bagi Kesehatan Wanita! Jangan Takut Memakai hijab....


https://bhendriyadi.blogspot.my/2016/09/manfaat-hijab-bagi-kesehatan-wanita.html
Hijab diindonesia sudah tidak asing lagi karena lumrah sebagian besar penduduknya adalah muslim, begitu juga dengan negara-negara arab yang mayoritas penduduknya beragama islam.
Tapi berbeda dengan negara barat yang kebanyakan menganggap hijab adalah hal yang negative, yang contohnya di prancis dimana salah satu universitasnya melarang mahasiswi berhijab memasuki kawasan kampus tersebut.

Tapi kita tidak akan membahas hal tersebut diatas dengan panjang lebar.  Karena kita akan membahas fakta ilmiah dan medis mengenai manfaat memakai hijab bagi kesehatan wanita yang memakainya. Tapi sebelum kita bahas lebih lanjut mari kita ketahui dulu makna dari hijab itu sendiri baik secara pengertian maupun defenisi.

Pengertian dan Definisi Hijab Serta Penelitian Yang Dilakukan
Secara etimologi, hijab berasal dari kata arab yaitu hijjab yang berarti “penghalang”, namun secara pendefinisian kata hijab dimaknai sebagai tata cara berpakaian yang pantas bagi kaum wanita muslimah dan sesuai dengan tuntunan agama islam.

Merujuk pada pengertian dan pendefinisian itu, maka dapat disimpulkan bahwa hijab adalah tata cara berpakaian seorang wanita muslimah yang menutupi seluruh tubuhnya kecuali wajah dan telapak tangan sang pemakainya sebagaimana tuntunan agama islam. 

Zaman telah berkembang banyak penelitian yang dilakukan oleh  para ahli tentang manfaat hijab. Baik oleh pakar kriminologi sampai pakar kesehatan. Secara kriminologi hijab dapat mencegah dan menurunkan tingkat criminal terutama pelecehan sexsual. Fakta nya kriminalitas negara yang penduduknya (kaum wanita )tidak berhijab akan lebih tinggi bila dibandingkan dengan mayoritas yang berhijab.
Dari sisi kesehatan hijab faktanya memberi manfaat kesehatan yang banyak sekali terutama terhindar dari sinar ultra violet, yang berlebihan dari sinar matahari. Berikut fakta dan ulasan dari manfaat hijab yang dilakukan oleh para peneliti.


Manfaat Hijab Bagi Kesehatan Wanita Berdasarkan Penelitian Medis
1. Memperlambat Penuaan Dini Kaum Wanita
Proses penuaan adalah kondisi alamiah yang dialami setiap orang termasuk wanita. Selain disebabkan pola makan dan gaya hidup yang dijalani, proses penuaan pada seseorang juga karena disebabkan paparan sinar matahari. Paparan sinar matahari ternyata dapat merangsang keluarnya sel-sel melanin dalam kulit dan menyebabkan rusaknya jaringan elastin dan kolagen pada kulit. Bila hal itu terjadi, maka kulit menjadi tidak lentur lagi alhasil kemudian timbulah keriput pada kulit sebagai gejala awal penuaan dini pada seseorang. Dengan berhijab, seorang wanita akan lebih terlindungi dari paparan sinar UV matahari dibandingkan bila memakai cream pelindung kulit atau sejenisnya, juga dapat menjaga memutihkan wajah dan kulit anda.

2. Hijab Dapat Menjaga Kesehatan Rambut Wanita
Kesehatan rambut wanita yang berhijab akan lebih terjaga, hal ini disebabkan hijab yang dipakai akan melindungi rambut dari sinar matahari secara langsung, radikal bebas, polusi dan debu yang dapat merusak rambut. Menggunakan hijab adalah salah satu solusi para wanita dalam menjaga dan memilihara kesehatan rambut dari berbagai kerusakan ataupun ketombe.

3. Hijab Dapat Mencegah Terjadinya Kanker Kulit
Kanker kulit adalah penyakit  yang terbentuk akibat adanya ketidakstabilan sel  kulit yang bisa dipicu oleh beberapa hal seperti zat kimia, radikal bebas dan paparan ultra violet sinar matahari. Kulit wanita memiliki daya tahan yang lebih rendah dibandingkan kulit pada seorang pria. Sinar Ultra Violet (UV)  matahari dapat merusak dan membunuh DNA pada sel kulit dan merubahnya menjadi sel tumor pemicu kanker kulit. Untuk itu dengan memakai hijab yang sesuai ketentuan seorang wanita akan lebih terlindungi dari timbulnya sel kanker kulit.

4. Radang Kulit Bagian Luar (Solar Keratoses)
Radang kulit bagian luar merupakan kondisi kulit yang terlihat bersisik dan kasar akibat terkena paparan Ultra Violet (UV) sinar matahari. Bila hal ini dibiarkan terus menerus, kondisi tersebut dapat mengarah pada timbulnya sel kanker. Dengan memakai hijab, semua bagian tubuh wanita akan terlindungi dari paparan UV sinar matahari terutama terhadap terjadinya radang kulit bagian luar (Solar Keratoses).

Nah, itu tadi adalah sedikit penjelasan mengenai manfaat hijab bagi  kesehatan wanita. Selain hijab merupakan keharusan untuk wanita muslimah dan cara hidup islam, secara fakta ternyata hijab juga telah terbukti secara ilmiah dan medis dalam hal memberikan manfaat kesehatan pada setiap pemakainya.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Luarrr Biasa!!! inilah Manfaat Hijab Bagi Kesehatan Wanita! Jangan Takut Memakai hijab....

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.