BEDA HARGA : beda harga antara price tag dengan POS (Point Of Sales) kasir.
Indomaret/Alfamart A : IDM A
Indomaret/Alfamart B : IDM B
Indomaret/Alfamart C : IDM C
IDM A, B, C, D yaitu gerai yang berbeda tempat tetapi, masih dalam satu kota
Ini yang kesekian kalinya saya belanja di IDM, tapi akhir” ini saya
kurang nyaman dengan apa yg dilakukan IDM, terutama pada pelanggannya,
why? cekidot cerita saya gan!!! “Terang seorang kaskuser”
TKP IDM A :
Saya belanja di tempat itu, sengaja cuma 1 item, tentunya saya telah
pastiin price tag ama brg yg dibeli, yaitu sama, sampai di kasih nah lho
kok harganya lain selisih sampai 1000 rupiah, dalam hati saya kayaknya
salah lihat deh harganya, okelah nextime lebih cermat aja.. (masih
prasangka baik, mungkin saya yg kurang teliti)
TKP IDM B :
Seperti dapat sebelum belanja saya pastiin price tagnya, ama barang pas,
nah kebetulan ada tag promo selain tag harga, hanya ada tulisan beli 1
gratis 1 tapi ada yg sayah gambar promonya (1 botol + 1 botol = 1botol)
sesaat saya pikir yg bener mana nih, jika semua tentu setuju jika yg
dimaksud yaitu beli 2 gratis 1 ya tidak coz gambarnya gitu, tapi kenapa
tulisan promo tagnya beli satu gratis satu, okelah mungkin yg bener
yaitu tulisan promo tag, akhirnya saya beli 1 botol dengan harapan dapet
gratis 1, ternyata sampai kasir.. eng ing.. eng, tidak dpt gratis
oooaaalaaahhh, kecewa.
TKP IDM C :
Week end bisanya paling banyak pengunjungnya, tapi ada yang sayah pas
saya beli di sana, ada beberapa barang yg tidak ada price tagnya, saya
pikir ooo mungkin saja lagi di print harga baru kali (note : h-1 saya
kesana masih inget item yg saya beli masihlah tercantum harganya),
okelah saya beli brg yg sama seperti kemaren, kali ini tanpa ada price
tag di sana, apa yg terjadi hingga kasir? ternyata sampai sana harganya
lebih mahal dari kemaren, selisih di atas 500 rupiah, hal ini (item
barang tanpa price tag) berlangsung selama lebih dari 2hari (apa iya
hanya print price tag, butuh waktu selama itu).
TKP IDM D :
Peristiwa persis ada di TKP IDM A, kali ini karena saya lagi badmood,
(tentunya masih dengan asumsi saya orangnya teliti-baca TKP A), hingga
di kasih ternyata harganya lain lagi ama yg di price tag, apesnya saya
bw uang pass lagi, wah kalu gitu kurang nih bayarnya (dalam hati),
segera saja saya nyeletuk “mbak kok harganya lain ama label harga di
rak-nya” kaget kyknya tu kasir, eee jadi tanya temen kasir satunya?,
sambil ngomong sendiri “mungkin ada potongan, ya.. sambil teliti depan
mesin kasir…”oooya mas ada potongan xxx rupiah” ngomong dengan entengnya
dengan pasang muka tidak bersalah….. saya segera cabut.
TKP IDM A to D :
TKP IDM A namun gunakan trick di TKP IDM D ; saya masihlah penasaran,
mungkin saja lg error mesin di kasir, okelah saya praktik in di IDM A
(baca masalah IDM A), apa yg berlangsung terjadi, akhirnya yaitu sama
persis dengan peristiwa IDM D, price tag ama harga di POS kasir (point
of sales) beda…B. E. D. A, seperti umum saya gunakan trick di IDM D,
namun kesempatan ini kasirnya segera saksikan ke rak-harganya and
nyatanya harga nya memanglah saya yg bener.
ANALISIS :
1. Bagaimana mungkin sistem POS (point of sales) antara satu gerai
dengan gerai lain dapat salah semua (dalam masalah ini POS tidak
otomatis mengurangkan ada diskon item spesifik), dengan demikian
buyerlah yg dirugikan coz jika kamu tidak protes ada lain price tag ama
item, kasir tidak bakalan nge-cek manual ke sistem. sistem/human IDM yg
error atau memang sengaja “dibuat” demikian, dengan jargon “MURAH dan
HEMAT”.
2. Item yg dilewatkan kosong price tagnya hingga beberapa hari yaitu
tidak lumrah (menurut saya), ini yaitu trik yg digunakan IDM untuk
mendapat kan keuntungan sebentar denga jumlah besar, dengan memanfaatkan
even di mana pengunjung biasanya paling banyak (weekend), mereka dengan
mudahnya menyeting harga, dengan posisi buyer yg “pasrah” saat mereka
tidak tau harga brg yg mereka beli. (dalam pikiran mereka tentu
me-refers, ke harga kemarin namun apa daya sampai kasir mereka harus
membayar lebih, dan tulah yg saya alami)
3. Banyak promo yg menyesatkan di IDM (baca : kasus IDM B), belum lagi
jika di kombinasikan dengan trik “harga beda” ala IDM = menjanjikan
keuntungan besat dalam waktu singkat, apalagi dengan jumlah gerainya
sampai 6. 000, coba anda bayangkan selisih “beda harga” 1. 000 rupiah
saja untuk 1 item barang dalam sehari dapat bisa “duit kaget” = 1. 000
rupiah x 6. 000 gerai = 6. 000. 000/item/gerai/hari.
4. Alasan tidak masuk akal ; dalam kasus IDM D, dengan entengnya kasir
ngomong, “potongan belum di kurangkan”, saya tidak yakin orang yg
belanja di belakang antrian saya dapet “perlakuan” yg sama (pengurangan
harga dari potongan yg belum dimasukkan).
5. Penempelan price tag tidak pada tempatnya ; ini yg membuat buyer
“tertipu” dengan harga murah, terlebih yg beli dalam jumlah banyak tidak
akan ingat dengan price tagnya satu-persatu.
TIPS BELANJA DI IDM :
1. Pastikan anda teliti sebelum membeli item (cek price tag = item), jika perlu catat pakai note (pakai hp/smatphone)
2. Pastikan punya nyali untuk menegur kasir jika merasa ada yang sayah
dengan price tag yang tidak sama dengan item atau anda akan menjadi
bulan”an IDM
3. Jika kurang puas dengan silakan buat SURAT TERBUKA.
sumber :http://newshot08.blogspot.co.id/2016/09/penipuan-indomaret-alfamart-kini.html
0 komentar:
Post a Comment
Note: Only a member of this blog may post a comment.