Berdakwah Dengan Hati

Thursday, January 12, 2017

Menurut Al-Qur’an, Ini Kriteria Busana yang Baik Untuk Wanita Muslim



https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiXTdq1TjMOqAKEvOKJ0h_8Lxirgzz54CSxKKTRjgBGoPqY6oMh39t20LhLHQX0AUj2Qyo6-gB_ov39txORfBpdkQuWc3zdpaGme9sIQGDR9idd51z_fpiU4n5oFivYzoJWPe3eTbngClo/s400/Menurut-Nabi-Muhammad-Ini-Kriteria-Busana-yang-Baik-Untuk-Wanita-Muslim.jpg
 
Sebagai makhluk Allah yang memiliki etika, pakaian merupakan kebutuhan yang utama selain makan dan tempat tinggal. Untuk hidup yang baik cara berpakaian pun harus baik pula.

Bagi kita pakaian yang baik bukan hanya sebagai pelindung dari sengatan sinar matahari dan dinginnya malam tapi lebih dari itu pakaian adalah sebagai identitas pembeda dengan umat yang lain. Hidup akan lebih nyaman jika identitas kita jelas dan terang.


Busana yang baik bagi muslimah adalah seperti dalam firman Allah berikut ini:

وَقُل لِّلْمُؤْمِنَاتِ يَغْضُضْنَ مِنْ أَبْصَارِهِنَّ وَيَحْفَظْنَ فُرُوجَهُنَّ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا مَا ظَهَرَ مِنْهَا ۖ وَلْيَضْرِبْنَ بِخُمُرِهِنَّ عَلَىٰ جُيُوبِهِنَّ ۖ وَلَا يُبْدِينَ زِينَتَهُنَّ إِلَّا لِبُعُولَتِهِنَّ أَوْ آبَائِهِنَّ أَوْ آبَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ أَبْنَائِهِنَّ أَوْ أَبْنَاءِ بُعُولَتِهِنَّ أَوْ إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي إِخْوَانِهِنَّ أَوْ بَنِي أَخَوَاتِهِنَّ أَوْ نِسَائِهِنَّ أَوْ مَا مَلَكَتْ أَيْمَانُهُنَّ أَوِ التَّابِعِينَ غَيْرِ أُولِي الْإِرْبَةِ مِنَ الرِّجَالِ أَوِ الطِّفْلِ الَّذِينَ لَمْ يَظْهَرُوا عَلَىٰ عَوْرَاتِ النِّسَاءِ ۖ وَلَا يَضْرِبْنَ بِأَرْجُلِهِنَّ لِيُعْلَمَ مَا يُخْفِينَ مِن زِينَتِهِنَّ ۚ وَتُوبُوا إِلَى اللَّهِ جَمِيعًا أَيُّهَ الْمُؤْمِنُونَ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ
“Katakanlah kepada wanita yang beriman, Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) tampak daripadanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung ke dadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya, kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putra-putra mereka, atau putra -putra suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara laki-laki mereka, atau putra-putra saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita Islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan( terhadap wanita),atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinya agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.” (QS. An-Nur: 31).

Allah SWT juga berfirman dalam ayat yang lain:

يَا أَيُّهَا النَّبِيُّ اتَّقِ اللَّهَ وَلَا تُطِعِ الْكَافِرِينَ وَالْمُنَافِقِينَ ۗ إِنَّ اللَّهَ كَانَ عَلِيمًا حَكِيمًا
“Hai nabi, katakanlah kepada istri-istrimu, anak-anak perempuanmu, dan istri-istri orang mukmin, hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka . Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Ahzab: 59).

Jilbab yang dimaksud adalah pakaian yang panjang, tidak membentuk tubuh( tidak ketat) , tidak tipis dan tidak menyerupai laki-laki. Jilbab saat ini adalah salah satu gaya berpakaian yang tren. Dimana-mana banyak kita temui wanita sudah mengenakan pakaian yang syar’i.

Namun ada beberapa wanita yang masih enggan mengenakan dengan berbagai alasan diantaranya; belum siap, merasa tidak gaul, ribet dan sejumlah alasan lain. Padahal kita lihat mereka berakhlaq mulia dan menjalankan berbagai perintah Allah dengan baik, tapi mengapa masih ragu menutup aurat?

Padahal menutup aurat bagi wanita yang berusia baligh hukumnya adalah wajib.

Untuk menjadi baik itu memang butuh perjuangan. Terkadang sering kita mendengar suara-suara yang tidak baik ketika pertama kali kita menutup aurat. Ada yang menganggap sok alim, tidak modern, primitif dan sering mendapat panggilan-panggilan tertentu yang terkadang menyulut kemarahan kita.

Namun demikian janganlah menyurutkan langkah untuk memenuhi perintah Allah tersebut mengingat menutup aurat adalah wajib dan berdosa apabila kita tidak melaksanakan.

Sumber: amalkan.com


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Menurut Al-Qur’an, Ini Kriteria Busana yang Baik Untuk Wanita Muslim

0 komentar:

Post a Comment

Note: Only a member of this blog may post a comment.